Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Tepat Merawat Tanaman Agar Tumbuh Subur

InovaTips - Tanaman mempunyai banyak manfaat. Selain hasilnya bisa digunakan sebagai bahan makanan, tanaman juga dapat menjadi penghias halaman rumah. Bahkan untuk beberapa orang, ada pula yang menganggap bahwa tanaman bisa menambah rejeki. Jika Anda merupakan orang yang suka mengoleksi banyak tanaman di rumah, Anda perlu mengetahui berbagai cara untuk merawatnya. Tentu hal ini akan berguna untuk membuat tanaman selalu subur dan tidak mudah layu.

Jika Anda masih bingung perihal tata cara merawat tanaman agar selalu subur, berikut informasi yang bisa anda dicoba:

Menyuburkan dengan kulit pisang

Bunga yang layu atau daun yang menguning dan rontok seringkali terjadi pada tanaman. Ini dikarenakan sumber unsur hara yang ada pada tanah berkurang sehingga menjadikan tanah kurang subur. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan kulit pisang. 

Caranya cukup mudah, ambil kulit pisang, lalu simpan dan diamkan selama beberapa hari. Jika kulit pisang telah terlihat kecoklatan dan tampak kering, tumbuk hingga lembut, kemudian taburkan di waktu sore dan pagi hari pada media tanaman Anda.

Memudahkan tanaman cepat berbuah

Ketika Anda memiliki tanaman buah dan memeliharanya, namun potensi keberhasilannya hanya sekian persen atau tanaman tersebut masih susah berbuah.Cobalah pupuk tanaman alternatif dengan memanfaatkan sisa – sisa ampas kelapa yang sudah tidak dipakai lagi. Lakukan hal ini berulang – ulang sebanyak 3 kali dalam seminggu. Maka tanaman Anda akan lebih subur dan cepat berbuah. 

Memberi pupuk dengan takaran yang pas

Bagi tanaman, pemberian pupuk merupakan suatu hal yang perlu untuk diperhatikan. Maka dari itu, memberikan pupuk kepada tanaman harus sesuai dengan takaran dan dosisnya. Jika Anda baru saja menanam tanaman atau masih dalam masa pertumbuhan (vegetative), lebih baik menggunakan pupuk dengan kandungan nitrogen yang tinggi. Akan tetapi jika tanaman tersebut generative, maka sebaiknya pilihlah pupuk dengan kandungan fosfor tinggi.

Menanam tanaman pengusir hama

Hama juga menjadi salah satu faktor penyebab tanaman mudah layu. Untuk mencegah hal itu, anda bisa menanam tanaman yang bisa mengusir hama. Contohnya kristan, generanium, aster, dan nasturtium. Tanamlah di sekitar tanaman Anda. Karena bunga–bunga pada tanaman itu memiliki zat dan bau yang tidak sukai oleh hama. Selain itu Bunga – bunga indah itu juga akan mempercantik halaman Anda.

Menyuburkan tanaman dengan ampas teh

Untuk menjadikan tanaman Anda tumbuh subur, anda bisa manfaatkan ampas teh yang sudah tidak digunakan. Ampas teh bisa membuat tanaman Anda tidak mudah layu dengan menjadikannya sebagai kompos. Caranya adalah taburkan ampas teh ke sekitar akar tanaman sambil dibenamkan dalam tanah. Jika teh Anda berjenis teh celup, buka dulu kertas yang membungkus ampas teh tersebut.

Itulah beberapa tips untuk menjadikan tanaman Anda tetap subur dan tidak mudah layu. Perlu diketahui Tanaman harus dirawat secara teratur agar Anda bisa mendapatkan banyak manfaat. Untuk yang belum memilikinya, Anda bisa membeli berbagai macam tanaman. Ada pula tanaman pembawa rejeki yang bisa Anda beli dan dirawat dengan baik. 

Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

Posting Komentar

6 Komentar

  1. Hello! I'd like to give you a lot of praise for the wonderful information in this post. I will visit again soon.
    슬롯머신
    온라인경마
    스포츠토토

    BalasHapus
  2. have read your article; it is very informative and helpful for me.

    BalasHapus
  3. Everyone an extremely breathtaking chance to read from this blog.

    BalasHapus
  4. This excellent website truly has all of the info I wanted concerning this subject and didn’t know who to ask

    BalasHapus
  5. Great Post! I look forward to seeing more from you in the future. There are some very great ideas above

    BalasHapus
  6. I am satisfied that you simply shared this useful info with us.

    BalasHapus